WWW atau Tanpa WWW, Mana yang Terbaik?

WWW atau Tanpa WWW, Mana yang Terbaik? – Anda akan mempelajari perbedaan antara memiliki www di URL Anda dan tanpa www dan cara mengomunikasikan preferensi Anda ke mesin telusur.

Situs web secara default dapat diakses dengan www dan tanpa www di depan nama domain. Misalnya, jika domain Anda adalah LXGrup.com, situs web Anda dapat diakses melalui https://www.LXGrup.com dan https://LXGrup.com. Meskipun ini tidak masalah bagi pengguna, ini membingungkan mesin pencari karena mereka menganggap ini sebagai dua situs web yang berbeda. Ini berarti bahwa Anda mungkin mengalami masalah pengindekan, masalah duplikat konten, dan hilangnya peringkat halaman. Untuk mengatasi masalah ini dan menghilangkan ambiguitas, Anda perlu menentukan domain pilihan Anda.

Baca Juga: Apa itu Domain Name, URL, Web Page, Website, WWW, dan Web Hosting

Secara sederhana, domain pilihan adalah versi domain yang ingin Anda tampilkan di hasil pencarian. Ini juga merupakan domain yang Anda inginkan agar pengguna Anda dialihkan ke apakah mereka mengetik www atau tidak.

Haruskah saya menggunakan www atau tanpa www di depan domain saya? Jawabannya sederhana. Itu tergantung pada preferensi pribadi Anda.

Tidak ada keuntungan SEO dari menggunakan satu format atau yang lain. Tiga hal penting: Pertama, konfigurasikan situs web Anda agar ‘mendengarkan ‘ hanya salah satu variasi. Kedua, untuk memberi tahu Google dan mesin pencari lainnya apa pilihan pilihan Anda. Ketiga, konsisten dan gunakan variasi yang dipilih saat menambahkan tautan internal ke konten Anda atau saat mendapatkan tautan balik melalui kampanye pembuatan tautan.

Mari kita lihat bagaimana melakukan ini.

Langkah pertama adalah memeriksa pengaturan CMS Anda. Masuk ke CMS Anda dan cari pengaturan terkait domain . Sebagian besar CMS memungkinkan Anda menentukan URL situs web dan mengatur domain pilihan Anda. Jika Anda menggunakan WordPress, Anda dapat masuk ke dasbor WordPress, lalu klik PENGATURAN , lalu pilih UMUM dari menu sebelah kiri. Anda dapat mengatur domain pilihan Anda di bidang alamat WordPress dan alamat situs.

Dalam contoh ini, saya telah memilih domain pilihan saya untuk memiliki www di depan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tidak ada keuntungan dari melakukannya, itu hanya masalah preferensi pribadi.

Langkah kedua adalah mengomunikasikan preferensi Anda ke mesin pencari. Cara melakukannya adalah melalui tag kanonik . Tag kanonik adalah bagian dari kode HTML yang ditambahkan di bagian HEAD halaman dan memberi tahu mesin pencari yang merupakan URL pilihan untuk halaman tertentu.

 

Nilai tag kanonik harus dalam format yang sama dengan domain pilihan Anda, yaitu dengan atau tanpa www. Setiap halaman di situs web Anda harus memiliki tag kanonik yang ditentukan. Untuk memeriksa apakah situs web Anda menyetel domain kanonik dengan benar, buka beranda Anda di jendela browser baru, lalu buka LIHAT SUMBER. Cari kata ‘kanonik’ dan Anda akan melihat baris seperti ini: Ini menunjukkan URL kanonik untuk halaman tertentu . Jika Anda tidak dapat menemukan deklarasi CANONICAL dalam kode HTML Anda, Anda harus mengambil tindakan untuk menambahkannya.

Namun jangan khawatir, jika Anda menggunakan WordPress, Anda dapat menginstal versi gratis dari plugin Yoast SEO dan itu akan melakukannya secara otomatis untuk semua halaman situs web Anda.

Jika Anda tidak menggunakan WordPress dan URL kanonik Anda tidak ditentukan atau salah, Anda perlu menghubungi penyedia CMS atau pengembang dan mendapatkan bantuan. Langkah terakhir adalah memastikan bahwa Anda menggunakan variasi pilihan Anda saat menambahkan tautan internal dan saat mendapatkan tautan eksternal dari situs web lain. Untuk menguji apakah situs web Anda berhasil mengalihkan dari satu versi domain ke versi lainnya, lakukan pengujian berikut. Buka jendela browser dan ketik nama domain Anda tanpa www.

Jika domain pilihan Anda disetel ke https://www.example, maka halaman tersebut akan secara otomatis dialihkan ke versi www. Jika Anda telah memasang https di situs web Anda, ulangi pengujian untuk keempat variasi tersebut. Semua variasi harus dialihkan ke format yang ditentukan dalam pengaturan situs web Anda..

Leave a Reply

Your email address will not be published.