Apa itu Domain Name, URL, Web Page, Website, WWW, dan Web Hosting

Apa itu Domain Name, URL, Web Page, Website, WWW, dan Web Hosting – Misalkan Anda membuka browser komputer Anda, ketik example.com di bilah atas dan tekan enter. Beberapa konten baru muncul di layar komputer Anda . Ketika Anda mengklik gambar, konten sebelumnya hilang, dan konten baru muncul dan seterusnya.

Konten baru yang Anda lihat setelah setiap klik adalah representasi visual dari dokumen yang diterima browser Anda dari server sebagai tanggapan atas permintaan Anda untuk mengakses example.com.

example.com disebut nama domain dan dokumen yang diterima disebut halaman web dan ditulis dalam bahasa HTML yang dapat dimengerti oleh browser.

Peramban menafsirkan dokumen HTML dan memberi Anda konten yang mudah digunakan di layar. Perhatikan bahwa semua halaman web diakses dan diangkut dengan bantuan HyperText Transfer Protocol atau Hypertext Transfer Protocol Secure, yaitu HTTP atau HTTPS.

Setiap halaman web memiliki alamat unik yang disebut Uniform Resource Locator atau URL. Sebagai contoh https://www.lxgrup.com/post/25/test.html

  • Https, adalah HyperText Transfer Protocol atau Hypertext Transfer Protocol Secure
  • www.lxgrup.com adalah Nama domain yang sepenuhnya memenuhi syarat (Fully Qualify Domain Name)
  • post/25, merupakan direktori, dan,
  • test.html adalah halaman Web atau terkadang tidak ada sama sekali halaman web setelahnya.
  • www adalah nama mesinnya, atau nama host dan singkatan dari World Wide Web.

Secara umum, “LXGrup” adalah domain terdaftar. dan “.com” adalah domain tingkat atas (Top Domain Level). LXGrup.com adalah nama domain, dan kita perlu membelinya (atau menyewanya) dari registrar seperti GoDaddy, Hostgator, dll.

Pada URL pertama tadi (https://www.lxgrup.com/post/25/test.html), server mengirimkan halaman web “test.html” ke browser, tetapi jika URL tidak diakhiri dengan ekstensi seperti .html, .php, dll., server akan memuat file default, yaitu “index.html”, “index.php”, dll. di direktori itu.

Misalnya, LXGrup.com/index.php dan LXGrup.com membuka halaman web yang sama. URL ini ditautkan dengan teks atau gambar tertentu di halaman web untuk membentuk hyperlink. Jadi, ketika Anda mengklik gambar, hyperlink mengarahkan Anda ke tautan yang terkait dengannya yang menghasilkan halaman web baru dengan konten baru.

Semua halaman web hyperlink yang dapat diakses publik secara kolektif membentuk ruang informasi yang disebut World Wide Web atau hanya Web. Kumpulan halaman web hyperlink yang berbagi nama domain umum atau FQDN disebut situs web. Jadi, sekelompok file HTML membentuk sebuah situs web.

Agar situs web kita terlihat di Internet, semua file (HTML, CSS, teks, gambar, video, suara) harus disimpan di komputer khusus yang disebut server. Untuk itu, kita perlu membeli beberapa ruang disk di server dari perusahaan tempat server tersebut berada.

Perusahaan-perusahaan ini disebut Host Web. Misalnya, GoDaddy, Bluehost, Hostgator, dll. Setelah file situs web berhasil diunggah di server, host web bertanggung jawab untuk mengirimkan file yang diperlukan situs web Anda segera setelah server menerima permintaan dari browser web. Layanan ini, yang disediakan oleh host Web, disebut Web Hosting.

Jadi, secara keseluruhan, di internet, web host menyediakan server untuk menyimpan halaman web hyperlink yang dapat diakses publik dengan URL yang membentuk World Wide Web. Halaman web dengan nama domain yang sama secara kolektif membentuk situs web yang ditayangkan di internet dengan bantuan layanan hosting web.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published.